Time Management In this season I wanna tell you, how to be radically intentional with your time! maksudnya apa nih? radikal??. upss... jangan bingung dulu. let's make a clear friends. firstly, kita samakan paradigma apa arti 'waktu' kamu dan aku, kalau beda persepsi kan jadi ga nyambung hhe, iya kan? iya dong. jadi gini Bro and Sis, waktu itu menurut KBBI /wak·tu/ 1 n seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung. versi Islam kalau waktu itu adalah ‘Ashr ayat 1-3 Allah SWT berfirman “Demi Masa (Waktu)…” yang menunjukkan betapa berharga dan pentingnya waktu kita tersebut. Selain itu dalam hadits Nabi SAW. berpesan agar kita manfaatkan 5 masa/waktu : “Masa muda sebelum tua, sehat sebelum sakit, kaya sebelum miskin, luang sebelum sibuk, hidup sebelum mati” (HR.Al-Baihaqi). Dalam aturan-aturan terkait ibadah mahdhoh seperti sholat, puasa, zakat, haji pun memberi penekanan pada waktu. nah kurang lebih definisi waktu. so hopefully paham ya.next step, masuk ke "radically", hmm gimana ya jelasinnya. jadi gini, radicall itu artinya secara extreme dan ga bisa diganggu gugat! pokoknya wajib!!. kalau udh wajib gimana tuh? pastinya semua planning yang sudah direncanakan secara sengaja mesti harus dilaksanakan sesuai waktu plus menentukan skala prioritas, ini dia yang dimaksud radically intentional your time. paham kan?. seberapa penting sih mengatur waktu kita?pentiiiiiiiing bangeeeeet! tuh banyak banget "i" dan "e"jadi please untuk generasi muda sekarang atau at least kita yang bakalan menciptakan generasi mendatang management your time please then you will get what you want.sebenernya time management itu berpengaruh ke kebiasaan kita lho dan proposional ke akhlak kita. Aristoteles pernah bilang "kamu adalah apa yang kamu kerjakan" ini sama pendapanya dengan Imam Malik yang bilang kalau akhlak ada apa yang kamu biasakan kesehariannya. renungi sejenak ya.....mungkin banyak diantara kita yang udah well-prepared sebelum tidur bikin to do list untuk keesokan harinya, tapi lebih banyak lagi kita-kita ini yang beraktifitas unplanning dan selalu bilang ya jalanin aja kaya aer mengalir. whaaaat?!! musti dikoreksi nih, air mengalir itu dari tinggi ke rendah dan selalu kebawah, mau day by day makin merosot prestasinya? bete dikantor, dimarahin bos, belum belajar ujian, pas ujian telat ditilang polisi, wkwkwk giman tuh rasanya? pasti nangis-nangis ke pak polisi kalau hari ini ada ujian akhir hha.yuuuk let's start from today (Deutsch: fangen wir von heute). jangan lupa berdoa tiap aktivitas: Bismillah (in the name of Allah the Most Gracious, the Most Merciful. supaya kegiatan harian kita dinilai ibadah juga, kan lumayan nilai plus.
ini dia yang paling ditunggu, tips mengatur waktu secara radical:
1. Membuat Target dan Perencanaan.
Quote bagus "Pekerjaan yang baik tanpa perencanaan hanya akan menjadi sulit. Perencanaan yang baik tanpa pelaksanaan hanya akan menjadi arsip". dari sekarang ga usah riweh bin rusuh untuk ini itu, tinggal ambil pulpen, lupakan gadget, tv, dan hal mengganggu lainnya, cuma five minutes kok, tulis apa yang ada dipikiran, pastinya selalu banyak hal-hal yang dipikirkan kan karena sejatinya manusia itu tidah pernah puas dengan hal yang dicapai jadi manfaatin deh ide-ide luar biasa dikepala. hal ini kalau dibiasakan nanti terbiasa sebelum melakukan kegiatan pasti udah tahu step a-z yang harus dilakuin. Rasul aja bikin strategi perencanaan untuk bikin parit saat perang Khandaq dan no excuse untuh hal-hal diluar ibadah, sampai akhirnya strategi tersebut selesai tepat waktu, yang seneng siapa? bukan hanya mereka yang ada pada saat itu tapi kita juga bersyukur karena perjuangan Rasul dan para sahabatnya. ambil pulpen, kertas, tulis, lakukan semampunya! udah gitu aja dulu step one.
2. Mempersiapkan rencana cadanganBuat yang suka bola pasti tahu, kalau ada pemain cadangan selain pemain inti, fungsinya apa? karena tiap manusia punya kapasitas yang berbeda diluar kemampuannya, ada aja faktor X yang membuat pemain inti harus tukar posisi, iya kan?. sama halnya bikin perencanaan kalau hal yang kita udah to do list, gimana caranya semua berjalan sesuai pola alur yang udah dibuat, susah banget pastinya tuh hhe. remember again kalau manusia hanya bisa rencanakan, finalnya ada di Rabb kita sebagai pemegang keputusan. yang penting jangan plin plan aja, sehari bikin to do list, eh baru dua udah disorganized lagi. inget!3. Program yang dibuat dalam mencapai target harus realistis, terukur dan adilTarget boleh selangit tapi program mesti membumi, jangan menyusahkan diri sendiri dengan ini itu, sedikit tapi pasti dilakukan ini realistis, klo namanya terukur ada parameter keberhasilannya, misal one day one juz yang lagi booming sekarang dan sebagai pengingat untuk berlomba dalam kebaikan. lalu adil itu tidak merugikan orang lain, niatnya benar dan caranya baik.4. Disiplin dalam rencanainget ini aja "Gagal merencanakan, sama saja dengan merencanakan kegagalan" mak jleeebkan?
5. Sempurna dalam beramal (itqon=profesional)Sebaiknya kita menyelesaikan satu masalah dulu baru berganti ke masalah yang lain. ini kata Rasul6. Tentukan skala prioritasImam Hasan Al Banna mengatakan “Sesungguhnya kewajiban itu lebih banyak dari waktu yang tersedia”, jadi suatu hal yang penting bagi kita untuk menentukan skala prioritas dalam pelaksanaannya dimulai dari penting & mendesak, tidak penting tapi mendesak, penting tapi tidak mendesak, dan tidak penting & tidak mendesak ini metode dari Robert T Kiyosaki . Tapi jangan pula kita membenturkan sesuatu yang seharusnya tidak berbenturan. misalnya kuliah dengan rapat organisasi, dsb.
Wednesday, 13 May 2015
How to be Radically Intentional with your time
Subscribe to:
Posts (Atom)